Pada posting artikel kali ini, saya akan melanjutkan artikel sebelumnya yang membahas tentang: Desain Rumah Dan Ruang Usaha (TOKO) 1 Lantai. Pada artikel yang lalu saya sudah menuliskan tentang proses merencanakan dan pembagian ruang pada rumah yang juga difungsikan sebagai ruang usaha.

Merencanakan rumah yang juga difungsikan sebagai ruang usaha (kantor, toko, wartel, warnet, kios, dsb) sebaiknya dilakukan pada saat proses pra-rencana. Bekerjasamalah dengan arsitek, ungkapkan semua ide yang ingin anda lihat pada rumah dan ruang usaha (ruko/rukan) anda. Mintalah gambar presentasi 3d untuk melihat seperti apa bentuk, susunan ruang dan tampilan rumah anda nantinya.

Pastikan desain rumah dan ruang usaha (ruko/rukan) anda sudah fix dan sesuai seperti yang anda inginkan, baru kemudian anda masuk pada tahapan konstruksi. Pada tahap konstruksi atau pembangunan rumah idealnya tidak ada revisi yang terlalu signifikan. Bila ada sesuatu masalah yang memang tak bisa dihindari dan harus merubah gambar teknis yang sudah direncakanakan semula, pastikan perubahannya dituangkan dalam as built drawing.


http://extune.hostei.com/Download/bylqxcgz.jpg

Aturan Main

.
I. KESEPAKATAN
Semua bermula dari sebuah KESEPAKATAN antara pihak Pemberi Tugas dengan Desain Rumah Online, dimana setelah melewati proses negosiasi baik melalui email maupun telepon mengenai segala hal yang perlu disepakati bersama, seperti TOR/Term of Reference, lingkup pekerjaan, schedule kerja, biaya desain, down payment, pelunasan biaya, cara berkomunikasi, dsb., pihak pemberi tugas pada akhirnya memutuskan untuk menggunakan jasa Dzetto design.
II. PENANDATANGANAN KONTRAK KERJA
Segala hal yang sudah disepakati di atas kemudian dituangkan dalam sebuah kontrak kerja sederhana yang ditandatangani/cap digital "setuju" oleh kedua belah pihak. Kontrak kerja tersebut akan kami tempatkan pada server kami (cth:www.desainrumahonline.com/client/ "nama client"/kontrak.htm) agar isinya tetap terbuka bagi pihak yang bersangkutan. Masa berlaku kontrak adalah sejak ditandatanganinya kontrak tersebut hingga selesainya pekerjaan desain. Untuk melihat contoh kontrak kerja, silahkan klik :  contoh kontrak 
III. PROSES DESAIN SECARA ONLINE
Ketika memasuki proses desain, yang paling penting adalah kelancaran komunikasi antara pemberi tugas dengan arsiteknya. EMAIL & HALAMAN WEB merupakan alat yang akan sangat sering digunakan untuk berdiskusi dan penyerahan file gambar.
.
Saat sebuah gambar selesai dikerjakan, arsitek akan mengirimkannya melalui email/halaman web kepada pemberi tugas. Setelah menerima gambar, pemberi tugas dapat memberikan komentarnya melalui email...demikian seterusnya hingga desain disetujui oleh pemberi tugas lalu dicetak dan dikirim melalui pos ke alamat pemberi tugas. Proses yang sangat sederhana, bukan? Silahkan klik :  contoh format penyajian desain 
IV. PEMBAYARAN FEE DESAIN
Pembayaran fee desain oleh pemberi tugas dilakukan secara bertahap, yaitu:
1. Saat dimulahnya pekerjaan (setelah penandatanganan kontrak kerja), pemberi tugas melakukan DP sebesar 50% dari total biaya desain.
2. Ketika pekerjaan desain selesai, yaitu saat desain disetujui dan siap dikirimkan melalui POS, pemberi tugas melunasi 50 % dari pembayaran yang tersisa.
Pembayaran dapat dilakukan melalui ATM, setoran tunai, atau internet banking, ke rekening Arsitek Online (BCA & NISP).

3 komentar:

blognya bagus...lengkap utk pemakaian jasanya


jasa kontraktor

blog yg bagus, semoga cepat di lauching kan..sy ga sabar mau lihat proyek-proyeknya
bangun rumah

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More